Cara  Mudah Membedakan Madu Murni Dan Campuran

Madu yang dijual pada toko tidak diketahui kemurniannya, Anda bisa melihat murni atau tidaknya yaitu dengan mempelajari ciri-ciri madu asli. Bila Anda sudah dapat melihat ciri dari madu asli murni maka, Anda dapat mengetahui dengan jelas mana madu yang asli atau campuran. Bukankah hal ini sangat menarik sekali? Bila belajar ciri-ciri madu asli, pastinya saat membeli Anda tidak akan tertipu dengan produk madu campuran.

Tips Mengetahui Ciri-ciri Madu Asli

Membeli madu yang tidak asli atau campuran sering membuat hati tidak puas. Anda pasti sudah sering tertipu pada produk madu yang menyatakan asli namun pada kenyataannya tidak. Tenang saja mulai sekarang Anda pasti tidak akan tertipu lagi dengan produk madu campuran, karena Anda bisa mengetahui ciri-ciri madu asli.

Lalu bagaimana cara mengetahui ciri-ciri madu asli? Simak pengujian madu asli dan madu campuran pada berikut ini.

  1. Madu asli tidak mudah diserap

Ciri-ciri madu asli  teksturnya sangat kental sekali dan tidak mudah diserap oleh bahan kertas. Contohnya seperti Anda meletakkan madu di atas koran. Biarkan beberapa menit, kemudian lihat apakah madu tersebut diserap koran atau tidak? Bila tidak maka, produk madu yang Anda beli asli. Sebaliknya jika madu diserap koran maka, jelas bahwa produk tersebut adalah madu campuran.

Pengujian tidak hanya dilakukan pada koran saja, Anda juga dapat mengujinya dengan kain. Nanti hasilnya sama seperti diatas. Intinya madu asli tidak mudah diserap oleh bahan apapun.

  1. Membakar madu

Melihat ciri-ciri madu asli juga dapat menggunakan cara dibakar. Tekstur madu asli yang kental maka dapat dengan mudah dibakar. Berbeda dengan madu campuran yang teksturnya encer, karena kandungan air didalamnya sangat banyak sehingga madu ini tidak dapat dibakar. Cara membedakan madu asli dan campuran ini sangat mudah, jadi Anda dapat melakukannya kapan saja.

  1. Menggunakan semut

Madu asli rasanya sangat manis sehingga dimanapun madu diletakkan pasti semut dapat menemukannya. Aroma madu asli juga sangat wangi sehingga semut sangat suka dan selalu mendekati madu tersebut dan memakannya. Sedangkan madu campuran aroma dan rasanya kurang pas, semut kurang menyukainya.

Coba bandingkan letakkan dua madu asli dan campuran berdekatan. Biarkan beberapa saat kemudian, Anda pasti melihat bahwa semut lebih memilih mendatangi madu asli daripada campuran. Jumlah semut di madu asli lebih banyak.

  1. Menggunakan alkohol

Demi mengetahui ciri-ciri madu asli Anda juga dapat melakukan pengujian menggunakan alkohol. Letakkan alkohol dalam gelas kemudian  teteskan madu ke dalamnya. Bila madu yang diteteskan menggumpal maka, madu tersebut asli. Apabila madu ikut larut dalam alkohol bisa diambil kesimpulan bahwa produk madu tersebut campuran.

  1. Menggunakan api

Tes keaslian madu dengan menggunakan api. Letakkan beberapa tetes madu diatas sendok. Nyalakan sebuah lilin, letakkan sendok yang berisi madu di atasnya. Beberapa saat bila madu membentuk caramel, tentu saja hal tersebut menunjukkan madunya asli. Bila madu hanya meletup-meletup saja, itu tandanya madu tersebut tidak asli atau campuran.

Membedakan madu asli dan campuran memang sangat sulit. Kesulitan tersebut bisa Anda hindari dengan menggunakan berbagai cara pengujian madu di atas. Saat selesai melakukan pengujian maka, Anda dapat mengetahui ciri-ciri madu asli dengan baik. Setiap produk madu yang Anda uji maka, akan menunjukkan ciri-ciri madu asli atau campuran. Lebih jelasnya Anda dapat melakukan pengujian ini untuk seluruh produk madu agar mengetahui keasliannya.

 

Baca Juga : Madu Penyubur Kandungan